Yogyakarta Gamelan Festival

Latar Belakang
- Kehidupan gamelan dari abad ke abad telah mengalami perkembangan yang sedemikian rupa. Sampai saat ini, di berbagai Negara di dunia, telah berkembang seni gamelan klasik (gendhing) juga bermacam
karya komposisi gamelan baru. Bisa dikatakan bahwa gamelan mempunyai posisi penting dalam perkembangan budaya di dunia. Banyak juga grup-grup gamelan yang ada di berbagai Negara. Dengan demikian, perlu adanya komunikasi antar pecinta gamelan di seluruh dunia.
- Saat ini gamelan telah merambah di 34 negara : Argentina, Australia, Austria, Belgium, Canada, China, Columbia, Cezch, Egypt, Finland, France, Germany, Ireland, Israel, Italy, Japan, Korea, Malaysia, Mexico, Netherlands, New Zealand, Palestine, Philippines, Poland, Russia, Singapore, Spain, Suriname, Swiss, Taiwan, Thailand, UK/Inggris, USA dan Indonesia - Seni gamelan dan karawitan di kawasan budaya Yogyakarta dengan Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat sebagai pusatnya, merupakan salah satu pusat gamelan dunia di samping tempat-tempat lainnya.

Visi
- Menggagas kehidupan seni gamelan yang dinamis, selalu menyelaraskan diri dengan jaman tanpa harus kehilangan latar belakang budayanya dan saling menghargai keanekaragaman kebudayaan di dunia.
Misi
- Menciptakan dan mengelola media yang secara kontinyu menjadi sarana berkumpul, berkomunikasi dan berinteraksi bagi para pecinta seni gamelan dan membantu mereka yang sedang mempersiapkan masa depan untuk terlibat dalam dunia seni gamelan maupun yang akan menguatkan potensi yang sudah dimiliki dalam berbagai bentuk kegiatan.

Strategi Internal
- Mengelola fasilitas dan sumber daya manusia untuk penyelenggaraan festival gamelan.
- Memperluas wawasan sumber daya manusia dalam komunitas yang berfungsi sebagai kawan berproses masyarakat seni gamelan lainnya.
- Meningkatkan ketrampilan masing-masing sumber daya manusia dan selalu inovatif dalam mengelola festival dan kegiatan seni gamelan.

Strategi Eksternal
- Mengelola penyelenggaraan festival gamelan dengan skala global secara dinamis dan berkesinambungan.
- Mengelola komuitas pecinta seni gamelan dalam kebersamaan, untuk bisa saling mendukung aktivitas.
- Mengelola jaringan bisnis yang terkait dengan seni gamelan dalam konteks saling menguntungkan.
- Melakukan kerjasama dengan berbagai pihak.
- Selalu menyuarakan keberadaan seni gamelan baik dalam skala lokal, nasional maupun internasional.

Target
- Mempertemukan komunitas gamelan dari 34 negara dalam festival, meskipun hanya sebagian demi sebagian.
© 2020. All Right Reserved